Saturday, October 30, 2010

CPU

CPU,atau prosesor merupakan sirkuit elektronik yang dapat menjalankan program komputer. Istilah ini telah digunakan dalam industri komputer setidaknya sejak awal 1960-an (Weik 1961).
Bentuk, desain dan implementasi dari CPU telah berubah secara dramatis sejak awal contoh, tetapi mereka tetap memiliki dasar operasi yang sama banyak.
Awal CPU yang dirancang khusus sebagai bagian dari yang lebih besar, kadang-kadang satu-of-a-kind, komputer. Namun, metode ini mahal merancang CPU kustom untuk aplikasi tertentu sebagian besar telah diberikan untuk perkembangan massa-produksi prosesor yang dibuat untuk satu atau berbagai tujuan. Standarisasi ini umumnya mulai tren di era mainframes discrete transistor dan minicomputers pesat dan memiliki akselerasi dengan popularisasi the sirkuit terpadu (IC). IC yang telah memungkinkan semakin kompleks CPU yang akan dirancang dan diproduksi untuk tolerances di urutan nanometers. Kedua miniaturization dan standarisasi dari CPU telah meningkatkan kehadiran perangkat digital ini dalam kehidupan modern jauh melampaui keterbatasan penerapan didedikasikan komputasi mesin. Modern microprocessors muncul di mulai dari mobil ke ponsel dan mainan anak-anak.
-RAM,Random akses memori (biasanya dikenal dengan singkatan, RAM) adalah bentuk penyimpanan data komputer. Hari ini, ia mengambil bentuk sirkuit terpadu yang memungkinkan data yang akan disimpan diakses dalam urutan apapun (yaitu, secara acak). Kata acak sehingga merujuk pada kenyataan bahwa ada bagian dari data dapat dikembalikan dalam waktu yang konstan, tidak perduli dengan lokasi fisik dan apakah ia adalah yang terkait dengan bagian sebelumnya data. [1]
Dengan kontras, perangkat penyimpanan data seperti kaset, magnetic disk dan optical disk bergantung pada gerakan fisik perekaman media atau membaca kepala. Dalam perangkat ini, gerakan ini berlangsung lebih dari transfer data, media dan waktu bervariasi berdasarkan lokasi fisik item berikutnya.
Kata RAM yang sering dikaitkan dengan jenis memori volatile (seperti modul memori DRAM), dimana informasi yang hilang setelah daya dimatikan. Jenis memori RAM juga termasuk paling jenis ROM dan memori flash NOR disebut-Flash.
-FLASH,
Flash memori non-volatile memori komputer yang dapat terhapus dan elektrik reprogrammed. Ini adalah teknologi yang digunakan terutama dalam kartu memori dan USB flash drive untuk umum penyimpanan dan transfer data antara komputer dan produk digital lainnya. Ini adalah jenis spesifik EEPROM (elektrik Erasable Programmable Read-Only Memory) yang terhapus dan diprogram dalam blok besar; pada awal kilat seluruh chip harus dihapus sekaligus. Flash memori jauh lebih kecil dari biaya-Programmable EEPROM byte dan karena itu telah menjadi dominan teknologi dimanapun sejumlah besar non-volatile, penyimpanan solid state diperlukan. Contoh aplikasi termasuk PDA (personal digital asisten), komputer laptop, digital audio player, kamera digital dan ponsel. Ia juga telah memperoleh popularitas di pasar konsol game, di mana ia sering digunakan sebagai pengganti atau baterai EEPROMs-powered SRAM untuk menyimpan data permainan.
Sejak flash memori non-volatile, tidak ada daya yang diperlukan untuk mempertahankan informasi yang tersimpan dalam chip. Selain itu, flash memori menawarkan akses cepat membaca kali (walaupun tidak secepat volatile DRAM memori yang digunakan untuk memori utama dalam PC) dan lebih baik kinetis shock perlawanan dari hard disk. Karakteristik ini menjelaskan popularitas flash memori di perangkat portable. Fitur lain dari flash memori adalah bahwa ketika paket dalam “kartu memori,” itu secara sangat besar tahan lama, dapat menahan tekanan intens, suhu yang ekstrem, dan bahkan pencelupan di dalam air.
Meskipun secara teknis jenis EEPROM, istilah “EEPROM” umumnya digunakan untuk merujuk secara khusus untuk non-flash EEPROM yang erasable di blok kecil, biasanya byte. Karena siklus menghapus yang lambat, ukuran blok yang besar yang digunakan dalam memori flash Menghapus memberikan keuntungan yang signifikan kecepatan lebih lama-gaya EEPROM saat menulis sejumlah besar data.
-NVRAM,NVRAM merupakan akronim untuk Non-volatile Random Access Memori. NVRAM merupakan jenis Random Access Memori (RAM) yang tetap dan informasi bila daya dimatikan. NVRAM yang kecil adalah 24 pin DIP (Dual Inline Package) chip sirkuit terpadu dan dengan demikian dapat memperoleh kekuatan yang diperlukan untuk menjaga itu berjalan dari CMOS baterai terpasang pada motherboard. It melacak berbagai sistem parameter seperti nomor seri, Ethernet MAC (Media Access Control) alamat, HOSTID, tanggal pembuatan, dll NVRAM itu adalah jenis non-volatile memori yang menawarkan akses acak.
-BUS,Dalam arsitektur komputer, sebuah bus adalah sebuah subsistem yang mentransfer data antara komputer komponen di dalam komputer atau antar komputer.
Awal komputer bis yang secara harfiah bis listrik paralel dengan banyak hubungan, tetapi istilah ini sekarang digunakan untuk pengaturan fisik yang menyediakan fungsi yang sama logis sebagai paralel bis listrik. Modern komputer bis dapat menggunakan kedua-bit paralel dan serial sambungan, dan dapat di wired baik multidrop (listrik paralel) atau rantai daisy topologi, atau dihubungkan oleh hubs aktif, seperti dalam kasus USB.
-ROM,Read-only memori (biasanya dikenal dengan singkatan, ROM) adalah kelas yang digunakan dalam media penyimpanan komputer dan perangkat elektronik lainnya. Karena data yang tersimpan dalam ROM tidak dapat diubah (setidaknya tidak terlalu cepat atau dengan mudah), ini terutama digunakan untuk mendistribusikan firmware (software yang sangat erat dengan hardware tertentu, dan tidak mungkin untuk meminta sering update).
Dalam strictest sense, ROM yang hanya merujuk ke mask ROM (tertua jenis solid state ROM), yaitu yg siap untuk dimakan dengan yang diinginkan secara permanen data yang tersimpan di dalamnya, sehingga tidak dapat diubah. Namun, lebih modern seperti jenis EPROM dan flash EEPROM dapat dihapus dan diprogram kembali beberapa kali, mereka masih digambarkan sebagai “read-only memori (ROM) karena proses reprogramming umumnya jarang, agak lambat, dan seringkali tidak izin random akses menulis ke lokasi memori individu. Walaupun sederhana mask ROM, skala ekonomi dan bidang-programmability sering membuat reprogrammable teknologi lebih fleksibel dan lebih murah, sehingga mask ROM yang jarang digunakan dalam produk-produk baru seperti tahun 2007 [update].
-INTERFACE,Bagian dari perangkat lunak yang menyediakan akses ke komputer (seperti memori, CPU, storage, dll) yang oleh sistem komputer, dan ketersediaan sumber daya untuk perangkat lunak lain dapat memiliki besar akibat bencana-kadang bagi orang-fungsi dan stabilitas. Kunci prinsip desain adalah untuk melarang akses ke semua sumber daya secara default, yang memungkinkan akses hanya melalui baik ditetapkan entry point, yaitu antarmuka. [Kutipan diperlukan]
Jenis akses yang menyediakan antarmuka antara komponen perangkat lunak dapat meliputi: konstan, jenis data, jenis prosedur, kecuali spesifikasi dan metode signature. Dalam beberapa kasus, mungkin berguna untuk menetapkan variabel sebagai bagian dari antarmuka. Ia sering juga menetapkan fungsi yang prosedur dan metode, baik oleh komentar atau (dalam beberapa bahasa eksperimental) formal logical assertions.
Antarmuka dari perangkat lunak modul yang sengaja disimpan terpisah dari pelaksanaan yang modul. Yang kedua berisi kode yang sebenarnya dari prosedur dan metode yang dijelaskan dalam antarmuka, serta lainnya “swasta” variabel, prosedur, dll. Perangkat lunak lain modul B (yang dapat disebut sebagai klien A) yang berinteraksi dengan J terpaksa untuk melakukannya hanya melalui antarmuka. Satu keuntungan dari praktek ini adalah urusan yang menggantikan pelaksanaan J oleh lain yang memenuhi spesifikasi yang sama antarmuka B tidak boleh menyebabkan gagal selama-nya J penggunaan sesuai dengan spesifikasi antarmuka (lihat juga Liskov substitution Prinsip).
-EXEC mode,
Setelah anda mengakses perangkat, Anda akan secara otomatis dalam modus perintah EXEC pengguna. EXEC perintah yang tersedia di tingkat pengguna adalah subset yang tersedia di tingkat privilege. Secara umum, gunakan EXEC perintah untuk sementara mengubah pengaturan terminal, melakukan tes dasar, dan daftar sistem informasi.
Perintah yang didukung dapat beragam, tergantung pada versi Cisco ios software yang digunakan. Untuk melihat daftar lengkap dari perintah, masukkan tanda tanya (?) Pada prompt.
ap>?
-PRIVELEDGE EXEC mode, Karena banyak perintah konfigurasi privilege operasi parameter, hak istimewa akses harus dilindungi sandi untuk mencegah penggunaan yang tidak sah. Yang mengatur hak istimewa perintah perintah yang termasuk dalam user EXEC mode, serta mengkonfigurasi privilege EXEC melalui perintah yang anda mengakses sisa modus perintah.
Jika administrator sistem telah menetapkan sandi, Anda akan diminta untuk memasukkannya sebelum diberikan akses ke privilege EXEC mode. Sandi tidak akan muncul pada layar dan merupakan hal yang sensitif.
The privilege EXEC mode prompt adalah perangkat nama diikuti dengan tanda pound (#):
ap #
Masukkan perintah untuk mengaktifkan akses privilege EXEC mode:
ap> enable
ap #
Perintah yang didukung dapat beragam, tergantung pada versi Cisco ios software yang digunakan. Untuk melihat daftar lengkap dari perintah, masukkan tanda tanya (?) Pada prompt.
# ap?
-PERINTAH UNTUK MENGKONFIGURASI IP,
Cisco mempunyai software register 16 bit yang ditulis pada nonvolatile memory. Configuration register diatur secara default untuk me-load Cisco IOS dari flash dan me-load startup-config dari NVRAM
Kita bisa mengubah configuration register untuk keperluan:
  • Memaksa system untuk masuk bootstrap monitor
  • Memilih sebuah boot source dan default boot filename
  • Enable atau men-disable fungsi break
  • Mengontrol alamat broadcast
  • Mengatur baud rate terminal console
  • Me-load software operating dari ROM
  • Booting dari TFTP server
-IEEE sebuah organisasi profesi untuk teknik elektro telah mengembangkan beberapa standart protokol physical layer dan link layer untuk LAN. Berdasarkan rekomendasi IEEE pada LAN yang menggunakan ARCnet (IEEE 802.3) atau Ethernet (IEEE 802.3) digunakan link layer(IEEE 802.2). Pada LAN Token Ring digunakan physical layer (IEEE 802.5). Bentuk lain dari LAN yang kurang dikenal adalah Token Bus (IEEE 802.4). Untuk LAN berkecepatan tinggi juga telah dikembangkan sebuah standart yang diturunkan dari IEEE 802.3 yang kemudian dikenal sebagai Fiber Data Distributed Interface (FDDI).

0 komentar: